Ragu Sudah Berhadas (Buang Angin) atau Belum Disaat Shalat




Ragu Sudah Berhadas (Buang Angin) atau Belum Disaat Shalat

Jika seseorang yang sedang shalat ragu apakah ia sudah berhadas atau belum, atau merasa ada gerakan dalam perutnya, apakah ia melanjutkan shalatnya atau membatalkannya?

Jika ia yakin telah berhadas (buang angin), maka ia harus membatalkan shalatnya, kalau masih ragu, ia tidak usah menghentikan shalatnya dan ia tidak perlu membatalkan shalatnya kecuali betul-betul sudah yakin, sedangkan keyakinan akan hal itu dibuktikan dengan mendengar suara kentut atau mencium baunya, jika salah satu dari keduanya didapati maka ia harus menghentikan shalatnya. Jika tidak, ia tetap melanjutkan shalatnya. Dalil mengenai hal ini, dari Abu Hurairah رضي الله عنه  , beliau berkata, Rasululllah صلى الله عليه وسلم bersabda,

إذا كان أحدكم في الصلاة فوجد حركة في دبره أحدث أو لم يحدث فأشكل عليه فلا ينصرف حتى يسمع صوتا أو يجد ريحا

Artinya: “Jika salah seorang dari kalian mendapati gerakan di duburnya saat melaksanakan shalat lalu ia ragu apakah ia telah berhadas (kentut) atau belum, maka jangan sampai ia menghentikan shalatnya hingga ia mendengar suara atau mencium baunya.” (H.R. Abu Dawud no. 177, terdapat dalam shahih Jami’ no. 750)

Ini adalah salah satu di antara metode Islam untuk mengantisipasi atau menangkal rasa was-was akibat godaan syetan.

0 Response to "Ragu Sudah Berhadas (Buang Angin) atau Belum Disaat Shalat"

Post a Comment