Shalat Ashar Bersama Jamaah yang Shalat Maghrib


 Shalat Ashar dengan Jama'ah Shalat Maghrib


Bismillah,,

Jika ada seseorang yang belum melaksanakan shalat 'ashar kemudian mendatangi sebuah masjid yang sudah mulai melaksanakan shalat maghrib berjama'ah, maka apa yang harus diperbuat?

Dalam masalah ini Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah رحمه الله berkata, “Hendaklah ia melaksanakan shalat maghrib berjama'ah bersama imam setelah itu ia melaksanakan shalat ‘ashar, pendapat ini telah disepakati oleh para ulama".

Namun apakah ia harus mengulangi shalat maghrib...? Dalam kondisi ini maka ada dua pendapat;

-Pendapat yang Pertama, yaitu: ia harus mengulangi shalat manghribnya. Ini adalah pendapat Ibnu Umar, Malik, Abu Hanifah, dan pendapat imam Ahmad yang populer.

-Pendapat yang Kedua, yakni: ia tidak usah mengulanginya kembali. Ini merupakan pendapat Ibnu Abbas, As-Syafi’i, dan sebagian madzhab Ahmad.

Pendapat yang kedua ini lebih kuat dari pada pendapat yang pertama, karena sesungguhnya Allah tidak mewajibkan hamba-Nya untuk melaksanakan satu shalat lebih dari sekali, selain itu bertakwa kepada Allah itu sebatas kemampuan yang dimiliki oleh hamba. Wallahu a’lam bish-showaab. (Majmu’ Fatawa Inbu Taimiyah 22/106)

Demikianlah sedikit penjelasan tentang Shalat Ashar Bersama Jamaah yang Shalat Maghrib 
Apabila ada kesalahan dari kami, baik dari segi penulisan, isi, dan cara penyampaian.. maka kami mohon ma'af dan kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca yang budiman.

0 Response to "Shalat Ashar Bersama Jamaah yang Shalat Maghrib"

Post a Comment