Tanggal Berapa Hijriyah Sekarang

Kalender Hijriyah Download


Ikhwan Sunnah | Tahukah anda tanggal berapa sekarang? mungkin sebagian dari kita akan langsung menjawab berdasarkan perhitungan kalender masehi, padahal secara tidak sadar anda telah meninggalkan penanggalan agama anda sendiri yaitu penanggalan ummat Islam yakni HIJRIYAH. Sebagai seorang muslim sepatutnya kita lebih mengutamakan dan mengedepankan penanggal hijriyah pada kehidupan kita sehari-hari sebagai kalender ummat Islam, namun apa yang telah kita lakukan? kebanyakan dari kita justru lebih senang memakai penanggalan masehi yang merupakan kalendernya ummat kritiani. Sungguh memprihatinkan jika ummat Islam tidak mengetahui kalendernya sendiri, padahal kalender hijriyah adalah kalender yang paling sempurna dan merupakan satu-satunya penanggalan yang ada disisi Allah subhaanahu wa ta'ala, sebagaimana Allah ta'ala berfirman dalam Al-Qur'anul Karim pada surat At-Taubah (9) ayat 36 :


إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram[640]. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri[641] kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa".

[640] Maksudnya antara lain Ialah: bulan Haram (bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab), tanah Haram (Mekah) dan ihram.
[641] Maksudnya janganlah kamu Menganiaya dirimu dengan mengerjakan perbuatan yang dilarang, seperti melanggar kehormatan bulan itu dengan Mengadakan peperangan.

Saudara sekalian,, ketahuilah! bahwa setiap ummat di dunia ini memiliki penanggalan atau kalendernya masing-masing. Dan adapun ummat Islam, Allah subhaanahu wa ta'ala telah berikan kepada kita penanggalan hijriyah sebagai kalender yang mulia disisi-Nya. Maka wahai ummat muslimiin, sampai kapan kita terus mengekor kepada orang-orang kristen? padahal kita telah mengetahui bahwa hanya penanggalan hijriyah yang ada disisi Allah ta'ala.

Saya ingin memberikan sebuah gambaran seberapa jauhnya ummat Islam terhadap penanggalan hijriyah; saya pernah bertanya kepada beberapa teman dengan pertanyaan "bulan apa kita berpuasa ditahun ini?" langsung saja mereka menjawab "bulan juni"....!. Nah, kok bisa kita berpuasa dibulan juni? padahal sejak zaman Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam sampai sekarang, puasa itu selalu pada bulan Ramadhan... ^_^ Dan pertanyaan sejenis pun pernah saya lontarkan "tanggal berapa kita lebaran 'Idul Fitri? dan mereka pun menjawab "tanggal 17 juli"... Nah, kok bisa hari raya 'Idul Fitri tanggal 17 juli? padahal sejak zaman Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam sampai sekarang, hari raya 'Idul Fitri itu selalu pada tanggal 1 Syawwal.

Demikianlah sedikit potret kehidupan ummat Islam dizaman sekarang ini terhadap penanggalan hijriyah. Sungguh mengecewakan! Maka oleh karena itu marilah kita hidupkan kembali berbagai syi'ar Islam dengan cara mengaplikasikannya dikehidupan kita sehari-hari. Dan marilah kita berusaha bangkit dari keterpurukan yang melanda ummat ini, agar kita senantiasa menjadi ummat Islam yang kuat dan dapat menebarkan indahnya Islam keseluruh dunia.

Sekian dan semoga bermanfa'at bagi kita semua!

Sekilas informasi! Bagi pengunjung website ini www.ikhwansunnah.net diharapkan untuk Langganan/Subscribe (GRATIS) ke Saluran Youtube Ikhwan Sunnah agar mendapatkan pemberitahuan update video islami terbaru dari Ikhwan Sunnah. Klik: Cara Langganan ke Saluran Youtube Ikhwan Sunnah

0 Response to "Tanggal Berapa Hijriyah Sekarang"

Post a Comment