Cara Sederhana Mengatasi Stress Berat

Strees berat


Oleh : Abu Fayzim Madat


Sohib semua, mungkin ente pade pernah mengalami stress? dan bingung cara ngatasinya? berikut beberapa tips yang saya himpun dari beberapa artikel yang saya baca. Tapi sebelumnya saya hendak menjelaskan apa itu stess terlebih dahulu.

Stress sering didefinisikan, kondisi perasaan dengan beban yang terlalu berat (overload), perasaan terlukai, dan perasaan was-was. Kenyataannya saat ini tidak sedikit orang mengalami stress, baik karena keluarga, pekerjaan maupun lingkungan sosial. Dan tentu saja ini suatu kondisi yang sangat menggangu. Nah, adalah menjadi penting untuk belajar bagaimana cara mengatasi stress dengan cara-cara yang apik. Sebagaimana janji saya sebelumnya, berikut ini cara mengatasi stess dengan cara yang sederhana!.

Pertama, Identifikasi tanda-tandanya; Memang, hal ini berbeda antar orang-perorang, tapi secara umum ini dapat bersumber dari perasaan menggerutu, sakit kepala, dan perasaan marah. Selanjutnya Kedua; mengenali pemicunya; umumnya stres dipicu oleh beberapa hal seperti, kurang tidur, dikejar -deadline, dan lapar.

Solusinya, untuk hal ini, anda mesti men-set-up aktivitas rutin yang dapat menenangkan anda, misalnya; anda mesti punya waktu khusus untuk olah raga, makan dan tidur yang cukup. Solusi berikutnya anda harus mempunyai waktu khusus untuk bersama, berbagi, meski sekadar ngobrol dengan orang-orang yang peduli dengan anda. Bisa keluarga maupun teman dekat.

Solusi lainnya, anda harus memperhatikan kesehatan anda. Lagi-lagi disini, anda disarankan untuk berolah raga, makan makanan yang sehat, mengkonsumsi vitamin (herbal kali yaa). Anda juga harus memiliki waktu khusus untuk kegiatan santai misalnya mendengar musik, jalan pagi dan kegiatan apa saja yang itu hobby anda. Saran yang lain adalah, perhatikan bagaimana anda mempersepsikan sesuatu, berpikir dan berbicaralah hal-hal positif. Hindari kata-kata negatif, misalnya, "aduh susah sekali, capek, Ini nggak fair!, Aku nggak sanggup dll.  Ganti semua kata-kata negatif itu dengan kata negatif, misal; "ini mudah kalau aku mau, pasti bisa, dia bisa? aku juga!, aku tertantang! dll.

Terakhir, ini saya kutip dari Al-qur'an, a laa bizikrillaahi tathmainnul quluub (QS. Ar Rad [13] : 28), hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang. Intinya ZIKIR!. IKHLAS yang artinya memurnikan niat hanya kepada Allah dalam segala aktivitas. Dan terakhir, DO'A, minta selalu kepada Allah untuk dihindari dan cepat keluar dari kungkungan stess. Yakini ayat 'udu'uunii astajiblakum, (QS Al mukmin ayat 60), minta kepadaku, pasti aku kabulin. Begitu kata Allah!.

Nah itu beberapa solusi sederhana mengatasi stess. TAPI??, kalau setelah menjalankan tips dan trik simple diatas masih belum selesai juga masalah stessnya, saatnya anda meminta bantuan psikolog. Jangan anggap remeh, karena stress yang membesar bisa jadi masalah besar untuk kehidupan anda.

Demikian, semoga bermanfaat!.

0 Response to "Cara Sederhana Mengatasi Stress Berat"

Post a Comment