Kitab Nasehat: Ayah Hebat itu?

ayah dan anak


Oleh : Abu Fayzim Madat

Kitab Nasehat: Ayah Hebat!

Ayah hebat itu, tidak hanya mampu membeli jajan dan mainan, 
tetapi juga yang mampu memotivasi anaknya untuk menahan diri dari kesukaan berlebihan kepada jajan dan mainan. Tanpa harus marah apalagi mengancam! 

Ayah hebat itu, yang tidak hanya bersama anak, tetapi dengan senang hati masuk ke "dunia anak" secara total. 

Ayah hebat itu
Selalu diinginkan oleh anak-anaknya untuk selalu ada untuk mereka, karena bagi mereka, ayahnya adalah artis hebat, sahabat sejati, pelindung paling jago dan teman main paling mengasyikkan. 

Ayah hebat itu
yang berani meminta maaf dengan tulus dan berjanji untuk memperbaiki diri langsung di hadapan anaknya, ketika dia tahu bahwa dirinya telah salah! 

Ayat hebat itu yaa pintar, 
tidak hanya dapat menjawab semua pertanyaan anak dengan benar dan baik, tetapi berani meminta maaf dan berjanji untuk mencari jawaban jika pertanyaan anak sulit. 

Ayat hebat itu lebih sabar dari anak, 
Jika anak mengulang-ulang pertanyaan yang sama sebanyak 4 kali, ayah hebat telah menyiapkan dirinya untuk menjawab 6 pertanyaan yang sama, dengan sabar dan tersenyum, 
Jika anak mengulang-ulang pertanyaan yang sama sebanyak 8 kali, ayah hebat telah menyiapkan dirinya untuk menjawab 10 pertanyaan yang sama, juga dengan sabar dan tersenyum, 
begitu seterusnya. 

Ayah hebat itu yang jika terjaga ditengah malam, kemudian melihat anaknya juga terjaga, ayah hebat akan bertanya dengan lembut, anakku kamu haus, mau ayah ambilin air? atau 
kamu mau susu?, biar ayah buatin, atau 
Kamu mau ke kamar mandi?, biar ayah temanin 
Kamu kedinginan?, mau ayah peluk? 

Ayah hebat itu, yang ketika anaknya menangis, 
dengan santun dan mata sayu penuh kasih sayang, akan bertanya, 
Ada janji ayah yang belum ayah tepati? 
Dimana bagian mana yang sakit biar ayah hembus? 

Ayah hebat itu
Ketika tahu anaknya berbohong, tidak akan mencak-mencak, tetapi langsung merenung seraya berdoa, yaa Allah bantu aku untuk dapat menjadi teladan yang baik bagi anak-anakku. 

Ayah hebat itu
Dia tidak mengeluarkan kalimat, "nak kenapa kok malas shalat?", "Kamu mau masuk neraka, kok berani nggak shalat?, ahh itu bukan ayat hebat, 
ayah hebat itu yang mampu menginspirasi anak-anaknya sehingga tidak perlu marah, tidak perlu mengancam, justru akan menerima ucapan dari anak-anaknya, "ayah, tunggu aku yaa, aku mau shalat bareng ayah", atau "ayah kalau sudah selesai makan, ajarin aku ngaji yaa" 


Ayah hebat itu
bukan yang mampu membuat anak-anaknya hemat dengan ancaman, tetapi yang dapat menginspirasi anaknya untuk mengucapkan "yahh, ini kembalian uang jajannya, tadi ayah ngasihnya kebanyakan" atau "yah aku mau jajannya segini aja, sisanya simpan saja untuk ayah yaa". 

Ayah hebat itu
yang mampu menginspirasi anaknya sehingga ketika wajahnya lesu, anaknya akan bertanya, "ayah kok lesu?, badan ayah sakit?, mau aku pijetin? 

Ayah hebat itu
yang tidak pernah mengancam, justru selalu dapat merayu anak-anaknya meski dengan rayuan gombal sekalipun! 

Ayah hebat itu akan bangun secara khusus tengah malam, khusus untuk menyebut nama anak-anaknya dalam doa-doanya. 

Semoga menjadi bahan renungan para ayah, sekaligus untuk me............ para Emak.

1 Response to "Kitab Nasehat: Ayah Hebat itu?"