Analisis Sederhana Makna IMAM

 Arti Kata Imam


Oleh: Ustadz Muhammad Muhajir Syarifuddin, Lc. 
(Lulusan S1 Universitas Andalus - Yaman. Dan dosen di STIQ Ash-Shiddiq Banda Aceh)

Banyak kisah menarik dibalik proses ta`aruf, namun ini hanya analisis sederhana buat facebooker hehe.

Seringnya ketika mendeskripsikan calon pasangan idaman, seorang wanita mengatakan: “aku mah sederhana aja, yang penting dia mampu jadi imam dalam rumah tanggaku”, Yang jago ngegombal dari mereka mengatakan: “tiada tempat yang paling gregetan kecuali ketika aku berdiri satu shaf dibelakangmu”, Sebaliknya banyak laki-laki dengan sesumbarnya mengatakan: “tunggulah aku jadi imammu” hehe, laki-laki lain mengatakan: “in syaa Allaah pak, aku akan jadi imam yang baik untuk…..”, ada juga sebagian yang lain (anshor poligami) yang mengatakan: “gak apalah diminta jadi imam, kan imam boleh punya makmum lebih dari satu” hehehe.

Sebenarnya apasih artinya “IMAM kok bisa, imam itu jadi sebuah kriteria yang sederhana, dan kok bisa banyak yang sesumbar bisa jadi imam yang baik?! Saya disini coba menganalisa kata imam dari asal katanya (yang pastinya Arabic language), arti imam sebagai berikut:

1- Imam itu dari kata “i`timam” yang artinya memberi panutan dan qudwah (teladan) yang baik, imam shalat dia yang memberikan panutan untuk jamaah ikuti, untuk memberikan panutan yang baik tentunya imam harus memiliki ilmu yang cukup, totalitas kebijaksanaan sebagai seorang pengayom, dll, manfaatnya apa buat kita? Ya, i`timam adalah investasi kebajikan sederhana dengan bunga yang besar. Kenapa tidak?! setiap kebaikan yang kita lakukan dan diikuti orang lain kita sekurang-kurangnya diganjarkan dua kebaikan.

2- Kata “imam” adalah metemorfase dari kata “al-umm” ibu yang berarti tempat tujuan/kembalian, mau jadi imam yang baik artinya kita mampu menjaga emosional ketika pasangan kita butuh tempat untuk berkeluh kesah, curhat, bercerita, tempat yang memberikan kehangatan ketika dia lelah dan berputus asa, hmm..

3- Dari kata “imam” lahirnya kata “amaam” didepan, mau jadi imam yang baik itu artinya kita siap untuk terus berada didepan untuk pasangan kita dalam memenuhi kebutuhannya, memudahkan jalan untuknya dengan menghilangkan duri-duri kehidupan yang bisa melukainya..

Sudah siap jadi imam yang baik? Makanya, jangan sesumbar mas broe..hehe

Analisis sederhana ini untuk sahabat yang baru menyelesaikan ijab qabulnya… ustadz Muhamad Saeful Bahri barakallahulakuma wabaraka `alaikum wajama`a bainakuma fii al-khair
untuk para dan calon imam: Moch Yasir, Abu Ammar Atcehy, Mundzir Abdurrahman, tgk Dedy Hendra MA, Putri Nahrisyah, Tasliem El-Muemtazeir, abuya Tgk Nourdeen Zenky, Anis Jauhari.

0 Response to "Analisis Sederhana Makna IMAM"

Post a Comment