Adakah Jaminan Hidup Sampai Tua?

 Renungan Kematian


Oleh: Tanti Ayu Helestiani

Masa Muda.. Banyak bahkan sangat banyak yang terlena dengan masa muda. "Mumpung masih muda, nikmati aja dunia", "Kan masih muda, saatnya berekspresi"

Adakah yang menjamin bahwa kita masih hidup hingga tua? Tak perlu hingga tua, Adakah yang sanggup menjamin bahwa kita masih hidup satu detik kemudian? Bila ada, siapakah? Sementara maut adalah rahasia-Nya. 

Tidakkah melihat, Banyak yang masih muda namun kembali ke rahmat-Nya? Pernahkah mendengar, Anak kecil yang belum sempat tumbuh dewasa tapi sudah habis umurnya di dunia? Bukankah banyak, Bayi-bayi yang masih mungil pun tidak bisa hidup lama di dunia. Kenapa? Karena maut adalah rahasia-Nya. Lalu, Masihkah ada pembelaan untuk kesalahan dengan kata masih muda?

Enggan menutup aurat, Karena masih muda. Nggak mau kayak emak-emak. Malas untuk sholat, Karena masih muda. Sholatnya ntar tunggu tua. Hobi nya maksiat, Puasin dulu masa muda, Taubat pas udah renta. Justru masa muda inilah saat nya kita taat pada-Nya. Karena otak masih mampu bekerja dengan cepat, Karena raga masih kuat untuk beribadah.

Andai kalian tahu, Bagaimana malaikat maut selalu mengunjungi kita setiap waktunya, Ia menunggu perintah dari Rabb-Nya. Bila tiba saatnya, DIA berkata, cabut nyawa Fulanah. Maka, Tak bisa kau tunda, Tak mungkin kau tawar, Dan mustahil kau lari. Tak peduli kau tengah bermaksiat atau tidak, Tak peduli kau muda atau tua. Bila waktumu sudah habis maka habis pula kisahmu di dunia. Pun tak ada lagi kesempatan tuk memohon ampunan. Kau akan mati, Terbungkus rapi oleh kain putih. Kau di kubur, Sendirian dalam gelap oleh maksiat. Hingga hari itu tiba, Saatnya Syurga atau Neraka, Namun kau sudah tahu jawabannya, Karena kau terlena dengan Masa Muda.

Dan kini, Mumpung nafas masih berhembus, Raga masih bergerak. Cobalah untuk taat kepada-Nya.
Kepada DIA yang menciptakanmu, Yang Mencurahkan cinta-Nya kepada mu meski seringkali kau membalasnya dengan kemaksiatan. Mohon ampunlah, Atas betapa kerasnya hati kita, Mohon ampunlah, Untuk setiap maksiat yang pernah ada. Dan rubahlah, Tata hati juga iman. Tak peduli kau tua atau muda. Percayalah,

DIA Maha Pengampun meski dosa mu tak terbendung.

0 Response to "Adakah Jaminan Hidup Sampai Tua?"

Post a Comment