Perhatian Pendidikan Agama untuk Anak

 Pendidikan Islam bagi Anak


Sebuah Renungan bagi Para Orang tua tentang bagaimana Perhatian Orang tua terhadap Pendidikan Agama bagi Anaknya

Oleh: Buya Dr. Ali Musri Semjan Putra, MA
(dengan sedikit editan kata dari kami)

Kita melihat perhatian orang tua sekarang ini untuk pendidikan anaknya kalau ada: kursus bahasa inggris, ujian akhir nasional, dan apa saja yang akan dihadapi, itu mengkursuskan anaknya gak? kursus 200 ribu gak mikir!!! Ya kan? kursus matematika, IPA, Bahasa Inggris, itu luar biasa... kursus berani bayar mahal!!! tapi, anehnya kalau untuk TPA (taman pendidikan al-qur'an) cuma Rp. 5000 saja itu bisa nunggak lima bulan, dan akhirnya berhenti mengaji. 

Kalau untuk urusan DUNIA bayar berapapun berani.... tapi kalau untuk pendidikan agama subhanallah..??? Nyanyi-nyanyi hafal, sholat gak bisa, al-fatihah gak hafal. Bagaimana perhatian kita terhadap pendidikan agama anak kita? diwaktu ujian sekolah anak dibangunkan, tapi kalau untuk sholat ada gak dibangunkan pagi? gak ikut TPA pernah gak dimarahin? sakit luka sedikit diobati, tapi secara tidak langsung ketika anak kita mau dibakar di akhirat kelak, tidak diperhatikan... Kalau anak main dekat api dijago.

Kiniko ayam ndak pulang jawi dak pulang dicarinyo, kabau ndak pulang dicari, tapi anak gadihnyo ndak pulang ndak dicari. Mana perhatian terhadap pendidikan agama anak kita? padahal kalau anak kita tidak bisa menjadi dokter, insinyur, doktor dan apa saja itu tidak akan ditanya di akhirat kelak, tidak akan ditanya. Tapi kalau anak tidak sholat, tidak menutup aurat, bagaimana kira-kira? bisa menarik kita kedalam NERAKA. Betapa sangat-sangat kurangnya pehartian kita terhadap pendidikan agama anak kita, mungkin kita sekarang masih melihat banyak orang sholat berjama'ah tetapi kita tidak tahu 5 tahun yang akan datang bagaimana keadaan masjid kita? apakah masih ada orang yang sholat berjama'ah atau tidak? Maka kita dari sekarang siapkan generasi kita, jangan sekali-kali kita melalaikan pendidikan generasi muda kita, perhatikan pendidikan agamo untuk anak-anak awak. Ada harto nan bahargo dakek awak yaitu anak yang sholeh.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: (yang artinya) "apabila manusia meninggal dunia, terputuslah segala amalannya, kecuali dari tiga perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfa'at, dan ANAK YANG MENDO'AKANNYA" [HR. Muslim, Abu Daud dan Nasa'i]

Sekian semoga bermanfa'at... Baarakallaahu fiikum.

SUMBER: SURAU TV

0 Response to "Perhatian Pendidikan Agama untuk Anak"

Post a Comment