Takaran Zakat Fitrah Sesuai Sunnah

 1 mud


Berapakah takaran atau ukuran zakat fitrah yang harus di keluarkan oleh seorang muslim sesuai sunnah? untuk menjawab pertanyaan tersebut mari terlebih dahulu kita menyimak dua hadits Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam berikut ini:

Dari 'Abdullah bin Umar radhiallaahu ‘anhu, beliau mengatakan:

فَرَضَ رَسُولُ اللهِ – صَلّى اللهُ عَلَيه وَسَلّم صَدَقَةَ الْفِطْرِ عَلَى الذَّكَرِ وَالأُنْثَى ، وَالْحُرِّ وَالْمَمْلُوكِ ، صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ

“Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitri (fitrah), bagi laki-laki dan perempuan, seorang yang merdeka atau pun seorang budak, berupa satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari gandum.” (HR. Bukhari no. 1511 & Muslim no. 2327)

Dalam hadis yang lain, dari Abu Sa'id Al-Khudzri radliallahu ‘anhu:

كُنَّا نُخْرِجُ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ طَعَامٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ أَقِطٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ زَبِيبٍ

“Dahulu kami mengeluarkan zakat fitri (fitrah) satu sha’ dari makanan, atau satu sha’ dari gandum, atau satu sha’ dari kurma, atau satu sha’ dari keju atau satu sha’ dari anggur.” (HR. Bukhari no. 1506 dan Muslim no. 2330)

Dalam dua hadits yang telah kita sebutkan di atas, kita menemukan bahwasanya takaran atau kadar dari zakat fitrah yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim (per-orangnya) adalah satu sha' (berupa makanan pokok). Satu sha' yang dimaksud oleh Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam adalah ukuran sha' nya orang-orang madinah, dimana satu sha' tersebut setara dengan 4 (empat) mud, dan satu mud setara dengan 1 cangkupan penuh dari dua telapak tangan orang normal yang digabungkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa 1 sha' setara dengan 4 cangkupan penuh dari dua telapak tangan orang normal yang digabungkan.

Dalam hal ini salah satu yang perlu dipahami adalah bahwa ukuran sha' bukanlah ukuran timbangan/berat tapi ukuran takaran/banyaknya suatu benda. Maka sulit untuk mensetarakannya dengan ukuran berat, namun Al-Hamdulillah dengan kajian para ulama, sekarang Lajnah Daimah setelah melakukan penelitian, bahwa 1 sha’ beras atau gandum setara dengan lebih kurang 3 kg.

Kesimpulan singkat dari kadar/ukuran zakat fitrah:

1 (satu) sha’ = 4 (empat) mud
1 (satu) mud = 1 cakupan penuh dari 2 telapak tangan orang normal yang digabungkan
1 (satu) sha’ = 4 (empat) kali cakupan penuh dari 2 telapak tangan orang normal yang digabungkan
1 (satu) sha’ beras / gandum =  lebih kurang 3 kg.

Saran: Jika dibayar lebih maka itu lebih baik, karena yang lebih tersebut bisa menjadi sedekah.

Wallaahu ta'aala a'lam.

0 Response to "Takaran Zakat Fitrah Sesuai Sunnah"

Post a Comment