3 Perkara yang Menyesatkan (sumber kesesatan)


3 Perkara yang Menyesatkan (sumber kesesatan)


Kaum muslimin yang berbahagia,,,

Di zaman sekarang ini banyak sekali kita dapati kelompok-kelompok atau aliran-aliran sesat dalam beragama seperti; Syi’ah, Khawarij, Jahmiyah, Murji’ah, Qadariyah, Karramiyah, Mu’tazilah, Kullabiyah dan aliran sesat lainnya. Terkadang kita merasa heran kenapa banyak orang yang terjerumus kedalam kesesatan padahal setiap manusia secara fithrahnya menginginkan selalu berada dalam kebenaran. Maka daripada itu marilah kita mengenali apa-apa saja perkara yang menjadi asal usul atau sumber kesesatan di permukaan bumi ini. Berikut ini penjelasannya.

Al-Imam Abu Al-Fath Muhammad bin ‘Abdul Kariim Asy-Syahrastaanii pengarang Kitab al-milal wan-nihal (agama dan sekte-sekte), di akhir kesimpulan yang beliau sebutkan, beliau mengatakan:

إن أول شبهة وقعت في الخلق شبهة إبليس

Sesungguhnya fitnah / syubhat yang pertama yang terjadi di muka bumi ini adalah syubhatnya iblis,

استبداده بالرأي في مقابلة النص

dia itu (iblis) selalu mengedepankan akal logikanya untuk melawan an-nash Al-Qur’an,

وإختياره الهوى في معارضة الأمر

dan dia itu mengedepankan hawa nafsunya untuk menyelisihi perintah Allah subhaanahu wa ta’aala,

واستكباره بالمادة التى خلق منها وهي النار على مادة آدم عليه السلام وهي الطين

dan dia itu sombong dengan sifat penciptaannya yang diciptakan dari api, dibandingkan sifat penciptaan Adam ‘alaihi as-salam yang diciptakan dari tanah.

Kemudian setelah itu muncullah berbagai macam syubhat-syubhat, fitnah-fitnah, bid’ah-bid’ah dan kesesatan-kesesatan lainnya yang kesemuanya itu berasal dari perkara-perkara tersebut.

Ketika kita memperhatikan firqah-firqah sesat yang ada sejak dulu sampai sekarang itu tidak terlepas dari tiga perkara yang menyesatkan di atas. Kalau bukan karena mengedepankan akal logika maka pasti mereka sesat karena mengikuti hawa nafsu dan kalau bukan karena mengedepankan logika dan hawa nafsu maka pasti mereka sesat karena kesombongan yang mereka lakukan. Hal ini terjadi sebagaimana yang pernah dilakukan oleh iblis la'natullaahi 'alaihi.


KESIMPULAN:

TIGA PERKARA yang MENYESATKAN:

1. Mengutamakan akal logika daripada Al-Qur'an dan As-Sunnah.
2. Mengikuti hawa nafsu dalam mengambil hukum.
3. Kesombongan ( Tidak mau menerima kebenaran).

Perkara-perkara diatas adalah sumber kesesatan yang banyak terjadi di zaman sekarang ini, maka marilah kita kembali kepada ajaran ISLAM yang MURNI, yaitu ajaran islam yang berasal dari Al-Qur'an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman para salafush-shaalih.

Untuk penjelasan lebih lanjut silakan kunjungi: https://youtu.be/7G_bTZTKTD8  ( Ceramah Ustadz Muhammad Muhajir Syarifuddin, Lc )

Semoga bermanfaat..

Silakan berikan komentar dengan sopan dan santun..

0 Response to "3 Perkara yang Menyesatkan (sumber kesesatan)"

Post a Comment