Biografi Ustadz DR. Khalid Basalamah, MA

Biografi Ustadz DR. Khalid Basalamah MA. - Bagi anda yang sering menonton ceramah di televisi atau di youtube pasti tidak asing lagi dengan ustadz yang satu ini. Beliau bernama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah, dilahirkan di Makassar tanggal 01 Mei 1975. Ustadz Khalid Basalamah menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah kemudian melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan kemudian melanjutkan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia. Ustadz Khalid Basalamah ini terkenal dengan penyampaian ceramahnya yang sangat tegas dan santun. Beliau sering tampil berceramah di televisi-televisi dakwah seperti insantv, wesaltv dan lain-lain sebagainya. Demikian pula di youtube juga banyak tersebar rekaman ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang dengan mudah dapat anda akses. 

Tentang Biografi dan Biodata Ust. Khalid Basalamah

Follow INSTAGRAM admin: @ibnukhaliddin

Melalui ceramah beliau (setelah taufiq dari Allah) banyak ummat muslim yang mendapat hidayah dan kembali kepada ajaran Islam yang benar. Contohnya seperti Teuku Wisnu yang dulunya adalah seorang pemain sinetron terkenal yang kini alhamdulillah Teuku Wisnu (Abu Adam) telah meninggalkan pekerjaannya yang banyak pelanggaran syari'at tersebut. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Teuku Wisnu dalam tabligh akbar Ustadz Khalid Basalamah yang berjudul "Inilah Generasi Emas Islam" bertemakan "Menuju makassar kota berakhalakulkarimah" di Masjid Al Markas Al Islamy pada Rabu 29 Jumadil Awwal 1437 H / 09 Maret 2016 M.

Banyak yang mengira bahwa Ustadz Khalid Basalamah adalah saudara kandung Ustadz Syafiq Basalamah, padahal itu tidak benar. Mungkin karena nama kedua ustadz ini sama-sama basalamah sehingga membuat banyak yang menyangka bahwa kedua ustadz ini adalah saudara kandung.



Dalam menyampaikan dakwah Ustadz Khalid Basalamah tidak terlepas dari banyaknya tuduhan-tuduhan negatif terhadap beliau, walaupun demikian Ustadz Khalid Basalamah tetap sabar dan bijak dalam menghadapi tuduhan-tudahan miring tersebut, bahkan beliau tetap bergaul dan ramah tamah dengan orang yang tidak sepaham dengannya, beliau tidak pernah menjadikan kesalahan seseorang sebagai ajang permusuhan, karena sesungguhnya bagi beliau setiap muslim itu bersaudara. 

Ustadz Khalid Basalamah memperjuangkan ajaran Islam yang murni yaitu ajaran Islam yang bersumberkan dari Al-Qur'an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman para salafush-shaalih, sehingga apapun rintangannya Ustadz Khalid Basalamah tetap semangat dalam memperjuangkan dakwah yang haq ini.

Dan sesungguhnya semakin meningkat ketakwaan seseorang maka semakin banyak ujian yang Allah subhaanahu wata'aala berikan kepadanya, ini adalah sebagai cobaan yang sejatinya akan meningkatkan derajat seseorang disisi Allah 'azza wajalla.

Biodata Ustadz Khalid Basalamah

Nama Lengkap : Khalid Zeed Abdullah Basalamah
Kelahiran : Makassar, 01-Mei-1975
Jenjang Pendidikan yang dilalui : 
  • S1 Universitas Islam Madinah (Arab Saudi)
  • S2 Universitas Muslim Indonesia (Indonesia)
  • S3 Universitas Tun Abdul Razzak (Malaysia)


Kegiatan Lembaga Ustadz Khalid Basalamah

Ketua Umum di Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur
Ketua di Forum Pengiriman Dai Irian
Penasehat di Wesaltv Jakarta

Kegiatan Perbisnisan Ustadz Khalid Basalamah

Direktur di PT. AJWAD Jakarta Barat 
(Bergerak pada bidang bisnis KAYU GAHARU, AJWAD GOLD, AJWAD RESTORAN Timur Tengah (Kalibata City Square), AJWAD Souvenir Timur Tengah (Oleh-oleh haji) (Kalibata City Square) dan penerbitan buku-buku Islam.



Jadwal Kajian Ustadz Khalid Basalamah

Ceramah Pekanan:

Senin dan Jumat jam 9.30-11.30 MT.Baitu Hurun Inn (Bu Amy) 085780187993/0811664392, Jalan.Puri Mutiara 2 No.36 Jeruk Purut Kemang Jakarta Selatan (Kitab Kabair)

Selasa Ganjil (1,3&5), Masjid Nurullah Kalibata City Square Lantai LG, Jakarta Selatan, antara Magrib Isya materi dan selepas Isya tanya jawab (Kitab Minhaj Muslim)

Selasa Genap (2&4), Masjid Al Fattah Jatinegara Jakarta Timur, antara Magrib Isya materi dan selepas Isya tanya jawab (Kitab Minhaj Muslim)

Rabu setiap pekan, Masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan, antara Magrib Isya materi dan selepas Isya tanya jawab (Kitab Kabair)

Kamis setiap pekan jam 8.30-10.30 pagi, Masjid Istiqomah Kelapa Gading (Sebelah Sekolah Al Azhar). (Kitab Bulughul Maram). Hubungi Bu Julie 0818665669
jam 13.00-15.00 Siang, Kompleks Pati Kostrad Kav.13 Cikeas (Belakang Citra Grand, masuk dari pintu gerbang Citra Grand) (pekan 1&2 Kitab Kabair, pekan 3&4 Kitab Minhaj Muslim).
Hubungi Bu Imas 0811927373

Ceramah Bulanan :

Senin Malam jam 20.00 sampai selesai Cipayung, Jakarta Timur, sebelah sekolah Korea. Hubungi Pak Haiban 08161611243

Selasa pagi jam 9.00 sampai 11.00 Cibubur. Hubungi Bu Dewi 0811860130

Sabtu 1, Jam 9.00-Dhuhur, Sekolah Emisc Condet, Hubungi pak Wahid 08121348344

Sabtu 2; Jam 8.00-10.00, Masjid Al Ihsan Bekasi Barat
Jam 11.00-13.30 Kompleks Sentosa Cikarang. Hubungi Bu Yulfiyah 0818966039, Bu Faizah 08161103501
Jam 16.00-17.30 Cikampek. Hubungi pak Arie 081511890008

Demikianlah sedikit informasi tentang biografi / biodata Ustadz Khalid Basalamah. Semoga Allah subhaanahu wata'aala senantiasa menjaga beliau dan memberkahi ilmu beliau.

Biodata / Biografi Ustadz Khalid Basalamah

54 Responses to "Biografi Ustadz DR. Khalid Basalamah, MA"

  1. mas kalau sebelum kuliah di madinah di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. saya denger di ceramahnya, beliau SMP nya juga di Mesir. kl ga salah yah. kl salah mohon di maafkan

      Delete
  2. mas,,klo bolh tau ada g forum resmi tnya jawab ke beliau??
    mohon infonya mas,,terima kasih...

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah.. waktu beliau habis digunakan unt dakwah.. dunia bkn lg tujuan utama.. tdk trbayangkan brp byk sdh pahala yg dikumpulkan. Pribadi yg langka... smg Allah senantisa merahmati nya, melapangkan dakwah beliau. Aamiin y rabb

    ReplyDelete
    Replies
    1. bohong banget tu,dia juga pengusaha dakwah cuma buat klompoknya aja tu,klo bukan klompoknya di bilang bid'ah.

      Delete
    2. akhi salah.. beliau mengajarkan agama islam yang di anjurkan oleh nabi.. kalau nabi tidak melakukan suatu amalan/ibadah maka itu di bilang bid'ah.. "Kullu bid'ahtin dolala" setiap bid'ah itu sesat.. rasulullah sendiri yang mengatakan

      Delete
    3. Bid'ah terbagi menjadi 3 akhi.. bukan setiap bid'ah dholalah alias sesat.. bid'ah yg hasanah yg menghasilkan manfaat banyak sekali.. jika anda mengatakan kullu bid'atin dholalah lalu mengapa anda memakai hp padahal di zaman rasulullah sendiri teknologi tidak ada..

      Delete
    4. hape tak termasuk dalam hadits, karena rasulullah mengatakan urusan dunia kamu lebih tau, namun urusan ubudiyah hanya Allah dan rasulullah yang berhak membuatnya..bid'ah hanya satu yaitu kesesatan, dan rasul sendiri yang mengatakan hal tersebut

      Delete
    5. ya brati sama aja bid'ah terbagi dong? gak semua nya dolallah hhe

      Delete
    6. tidak termasuk bid'ah dong...
      bid'ah hanya ditujukan untuk yg dihubungkan sama ibadah, klo tdk berarti bukan termasuk bid'ah.
      itu sudah dijawab sama Ade Rusmayadi dgn jelas dalil yg digunakan untuk mendefinisakan klo bid'ah ditujukan untuk ibadah.
      jadi bukan definisi bid'ahnya dibagi2 mas.

      analogi sederhana Mobil Sport, anda mengatakan mobil Avan** sbg mobil Sport.
      Kami jawab bila Avan** bukan mobil sport, tapi mobil biasa.
      anda balas, "ya tetep mobil kan? berarti mobil sport dibagi2."
      Dan semua org pun tertawa.. haha..

      pahami jg kaidah fiqih bahwa.
      - segala "ibadah" tidak boleh dilakukan jika tidak ada dalil perintah.
      - segala hal duniawi boleh dilakukan jika tidak ada dalil yg melarang.

      Delete
    7. pada ngaji dulu yang banyak referensi sanad ilmunya baru komentar...... joss!!

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. ceramah" beliau sangat berbobot, meski terkesan keras dan tegas, namun beliau selalu mampu menyampaikan materi ceramah nya dg sangat santun dan mengena di hati

    ReplyDelete
  6. mas istrinya ustad khalid ada berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang udah nikah si kalid itu ?

      Delete
    2. itu si bagus prayogo 777 maksudnya apa y?... dia sudah lebih pintar dan alim kah?.... kalo iya saya jg ngaji sama si agus nih...hahaha

      Delete
  7. Replies
    1. yang bner nih...., kalo jadi fitnah bahaya tuh buat diri anda, boleh lah anda selamat didunia, nanti kalo anda mati siksa kubur & pengadilan mahsyar menanti.. kalo pun benar itu juga jadi Gibah bahay juga buat anda..
      hati-hati mas bro jalalutfi akbar....

      Delete
  8. asswrwb, dmn kami bisa hub manajemen KH-B krn kmi ingin mengundang di Perusahaan Kami di PDAM Kota Makassar, tolong email di fmubaraq@gmail.com

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. sip,,,, Leres niku Benar. Kang Santri

      Delete
  10. Iya mohon infonya sebelum kuliah, pernah pesantren dimana? Pernah berguru kesiapa?syukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. emg nyantren wajib??
      trus mksd berguru ke siapa?? apa sblm menimba ilmu di madinah diwajibkan menimba ilmu ke kyai gtu??

      tdk ada kewajiban itu, klo anda katakan wajib itu hanya dusta dan karangan saja mnrt seenak anda.

      Delete
  11. Akhy, mohon informasi lebih detail lgi studinya Pak Ustadz Khalid sbelum kuliah. Dan juga sanad keilmuan beliau. Atas jawabannya, syukron katsir maaf copy phaste

    ReplyDelete
    Replies
    1. emgnya ketika kuliah agama diwajibkan nyantren ya??
      adakah kewajiban dan syarat ini dlm syariat?

      sanad keilmuan mudah saja, kan belajar di 3 kampus itu, lihat ulama2 pengajarnya siapa dan kitab yg dipelajari apa.
      nanti akan dapat sanadnya kemana.
      klo nyantren jg harus jelas itu para pengajarnya belajar dimana, tarik sanadnya sampa kaga itu ke arab? alias ke rasulullah.

      Delete
  12. assalamualaikum ustadz. Afwan. Kami bisa ambil kontak Ust. Khalid Basalamah? Insyaallah kami berencana mengundang ustadz ke Makassar, tepatnya di Masjid Ulil Albab Kampus UNM Parangtambung.

    ReplyDelete
  13. Fitnah akhir zaman, yg benar disalahkan, yg salah dibenarkan.
    Ustadz mnyampaikannya brdasarkan Quran dan hadist, bukan "ajaran Khalid Basalamah" yg dbuat sndiri.
    Coba yg gk terima dbilang bidah jg hrus dbuktikan kalo itu bukan bidah dong. Jangan main judge orang aja.
    Dan msh bngung yg mmpertanyakan ttg hape dll bidah. Coba disimak bareng sambil buka hati buka pikiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba antum juga kaji nahu shorof, lihat di dalil kullu bidatin dolallah. lihat di situ kull nya untuk perkara semuanya atau untuk perkara tertentu saja. monggo buka hati dan fikiran

      Delete
    2. ilmu nahu shorof yg membagi bid'ah ini siapa mas?
      coba kita cek dulu definisi secara etimologisnya. Kullu itu artinya setiap, klo setiap berarti semua kan ya?
      Trus diputer2 biar bisa dibagi2 ya?
      Nih baca nih kata imam syafi'i, ada bantahan "kullu" jg disitu.

      --------------------------------------------

      Berkata Al-Imam Asy-Syathibi rahimahullahu Ta’ala: “Ketahuilah rahimakumullah (semoga Allah merahmatimu) bahwa apa yang telah disebutkan berupa dalil-dalil adalah hujjah secara umum tercelanya (bid’ah) dari beberapa sisi:

      Pertama: Bahwa riwayat tersebut datang secara mutlak dan umum, dengan banyaknya riwayat namun tidak terdapat pengecualian sama sekali, tidak ada riwayat yang menjelaskan bahwa di antara (bid’ah) ada yang berupa petunjuk, tidak ada pula disebutkan: setiap bid’ah sesat kecuali ini dan itu dari berbagai macam makna. Ini menunjukkan bahwa seluruh dalil tersebut di atas hakikatnya yang dzahir berupa lafadz “kullu” (seluruhnya).

      Kedua: Bahwa telah ditetapkan dalam prinsip-prinsip yang ilmiah bahwa setiap kaidah menyeluruh atau dalil syar’i yang bersifat menyeluruh bila berulang-ulang disebutkan di banyak tempat, dan didatangkan sebagai penguat terhadap makna-makna ushul dan furu’ dan tidak pernah disertai pengkhususan di saat seringnya disebutkan, maka itu merupakan dalil atas ketetapan lafadz tersebut bersifat umum.

      Ketiga: Ijma’ para ‘Ulama salaf dari kalangan shahabat, tabi’in dan setelah mereka atas tercelanya bid’ah, dan menjelekkannya, berlari meninggalkan orang yang disifati sebagai ahli bid’ah, dan tidak ada sedikitpun dari mereka sikap tawaqquf (abstain) atau ragu, maka ini merupakan ijma’ yang ditetapkan yang menunjukkan bahwa setiap bid’ah tidak ada yang benar, bahkan termasuk kebatilan.

      Keempat: Bahwa orang yang memahami bid’ah mengharuskan bersikap demikian (yaitu meyakini bahwa setiap bid’ah itu sesat) sebab hal tersebut termasuk ke dalam perkara yang bertentangan dengan syari’at, membuang syari’at, dan setiap yang keadaannya seperti ini mustahil terbagi menjadi: yang baik dan yang buruk, ada yang terpuji dan ada pula yang tercela, karena tidaklah benar baik secara akal maupun secara syar’i menganggap baik apa yang menyelisihi syari’at. Demikian pula kalau dikatakan bahwa terdapat dalil yang menganggap baik sebagian bid’ah atau dikecualikan sebagiannya dari celaan, tidaklah bisa tergambarkan. Karena bid’ah itu adalah metode yang menyaingi syari’at dalam keadaan dia tidak termasuk (syari’at), dan bila syari’at menganggap baik adalah dalil disyari’atkannya hal tersebut, sebab kalau syari’at mengatakan: “bahwa ajaran baru si fulan itu baik “berarti itu disyari’atkan”. (Lihat Al-Al-Al-I’tisham: 1/187-189. Dan lihat pula kitab Mauqif Ahlis Sunnah: 1/ 73-88).

      Delete
    3. ini yg unknown siapa sih?..... udah punya ilmu agama tokcer kah?... hehehe, namanya aja diumpetin, jgn jago komen didunia maya, . . .sanad ilmu anda jelaskah?.. klo jelas saya juga ngaji donk ke anda...haha

      Delete
  14. apakah jadwal diatas tidak berubah untuk kajiannya, mohon informasinya

    ReplyDelete
  15. Si Kholid Wahabi saya tantang debat pengecut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tantang pake apa?... datengin donk, jangan pake nulis dikomen, jangan juga seenaknya ngomong wahabi, coba jelasin dulu wahabi itu apa, faktanya Ust. Khalid Wahabi apa?... yuk ajak saya, tolong anda jelasin... jangan cemen.... hahaha

      Delete
  16. Ajaran Islam yg dia bawa tak bisa menjawab perkara zhohir dimasa kini secara hukum yg benar, paling bisa bilang Bid'ah,Kurafat dan Musyrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa siiiih?...... fakta riilnya apa?... jelasin donk datengin Ustadnnya, jangan cuma komen disini.... trus anda udah sepintar apa ngajinya?.. sanad ilmu anda jelas kah?... klo jelas ane mau dah ngaji juga ama ente... hehehe

      Delete
  17. Saya kuliah di Madinah pun tetap bermazhab Syafi'i. Si Kholid bukan jadi Hambali malah jadi Wahabi. Ahlussunah Palsu dan Abal abal

    ReplyDelete
    Replies
    1. "kuliah di madinah"
      universitas apa mas??
      jurusan apa??

      Delete
    2. masa siiiiih..... amir hamzah?.... kalo anda seorang ahli ilmu, ga mungkin cuma komen disini,.... anda seharusnya langsung datengin Ustad Khalid.... jangan cemen ah,..kalo anda bener ya, saya mau dah ngaji ama anda, tapi dengan syarat sanad keilmuan anda jelas ya...hahaha

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Barakallahu Ustadz.. saya suka melihat ceramah-ceramah ustadz di youtube
    .. insya allah suatu saat ingin mengikuti kajian dan kelas hadistnya

    Semoga Allah memudahkan dakwah antum��

    ReplyDelete
  20. Yg mo denger kajian beliau silahkan datang k blok m square mesjid nurul iman ..tiap selasa bada zuhur dan rabu bada magrib..semoga di mudahkan­čÖĆ

    ReplyDelete
  21. yang pada komen negatif di blog / web ini... cemen, berani cuma komen, jika anda-anda semua orang yang ahli ilmu agama, datangin Ust. Khalid Basalamah dan buktikan apa kesalahan beliau.. jangan anda jadi pengecut apalagi komen disini dalam identitas nama "Unknown"

    wallahu 'alam bisshowab...

    ReplyDelete
  22. Masya Allah sama skali tidak ada sopan santunya yaa... Koment" dsni :'( miris dah

    ReplyDelete
  23. Nama nama putri ustad khalid basalamah siapa saja ya... Pingin kasih nama anak sama dengan nama putri beliau...

    ReplyDelete